Akuntansi | Pengertian dan Perbedaanya Dengan Tata Buku



Apa sih itu Akuntansi? Mungkin bagi anda yang pernah mempelajari ilmu ekonomi pasti sudah tidak asking lagi dengan kata 'Akuntansi'. Namun, beberapa dari kita mungkin masih tidak tahu dengan jelas apa itu Akuntansi. Dan masih banyak masyarakat yang menyamakan antara Akuntansi dan Tata Buku. Padahal, dua hal tersebut merupakan sesuatu yang berbeda.
Untuk itu, kali ini akan dijabarkan pengertian dari Akuntansi sendiri dan Tata Buku
Pengertian Akuntansi menurut para ahli :
  • ABP Statement No. 4 dalam Smith Skousen (1995 : 3)
Akuntansi merupakan suatu aktivitas jasa yang fadalah untuk menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang mempunyai sifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam  memberikan keputusan pilihan-pilihan yang logis diantara berbagai tindakan alternatif.
  • American  Insitute of Certified Public Accounting (AICPA)
Mendefinisakan Akuntansi sebagai seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan beberapa cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya. dan meringkas dengan cara tertentu dalam ukuran fiskal, pertukaran dan kesempatan yang pada umumnya yang bersifat moneter dan dalam menguraikan hasil.
  • American Acounting Association (AAA)
Mendefinisikan Akuntansi sebagai proses pengidentifikasian, pengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian-penilaian, keputusan yang jelas dan tegas bagi semua yang menggunakan informasi tersebut.
  • Charles T. Horngren, dan Walter T.Harrison (Horngren Harrison,2007:4)
Akuntansi merupakan sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.
  • Warren dkk (2005:10) 
“secara umum, akuntansi dapat didefinisikan sebagai sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan”.
  • Littleton (Muhammad, 2002:10)
“tujuan utama dari akuntansi merupakan untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi). definis ini adalah inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang dijadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi.
  • Rudianto
Menyatakan bahwa akuntansi merupkan sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi suatu badan usaha.
  • Suparwoto L (1990 : 2) 
Mendefinisikan akuntansi sebagai suatu system atau tehnik untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan memberikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak intern dan ekstern perusahaan. Pihak ekstern ini terdiri dari investor, kreditur pemerintah, serikat buruh dan lain-lain.
  • Arnold
Mendefiniskani akuntansi dipandang sebagai suatu sistem untuk memberikan informasi (terutama keuangan) kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut.
  • C. West Churman
Mendefinisikan sebagai pengalaman tertulis yang berguna untuk pengambilan keputusan dan pengalaman yang tersusun berharga bagi pembuatan pilihan.
  • Ikatan Akuntan Amerika
Menyatakan bahwa Akuntansi merupakan suatu potongan, estimasi, dan pelaporan data keuangan, yang memungkinkan sebuah penilaian dan pilihan membuat yang jelas dan tegas bagi individu yang memanfaatkan data.
  • AbuBakar A, & Wibowo
Menyatakan Bahwa Akuntansi merupakan prosedur mengakui, pencatatan dan korespondensi bursa keuangan dari suatu unsur atau organisasi.
Dari beberapa pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa akuntansi merupakan seni pencatatan, penggolongan, peringkasan, dan analisa suatu informasi ekonomi yang berfungsi sebagai media komunikasi bisnis bagi pihak-pihak yang menggunakanannya.



Pengertian Tata Buku 

Dalam KBBI(Kamis besar bahasa Indonesia) Tata Buku diartikan sebagai urusan catat-mencatat dan hitung-menghitung keuangan dalam buku dagang. 
Tata buku merupakan kegiatan yang terbatas pada kegiatan pencatatan (recording) tentang transaksi-transaksi keuangan, sedangkan akuntansi meliputi tugas-tugas pencatatan (recording), penggolongan (classifying), pengikhtisaran (summarizing) dan juga penafsiran (interpreting).
Jadi, perbedaan yang paling mendasar antara akuntansi dan tata buku yaitu akuntansi meliputi kegiatan pencatatan hingga analisa laporan keuangan sedangkan tata buku hanya meliputi kegiatan pencatatannya saja.
(Thanks for click my blog)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dewi Paramita : Antara Catatan Harian Aisha, Cinta dan Rahasia, dan Kesempurnaan Cinta, Kisah Aisha Adalah Yang Tersulit?

Benda Ada Jenis Kelaminnya? Kok Bisa?